Selasa, 30 November 2010

cukup dipandang saja

INTIP INDIKATOR
6262servis-rem-dvd-1.jpgKondisi jalan yang macet, sering kali membuat kita mengalami stop and go dalam perjalanan. Yap! Kondisi seperti ini memaksa selongsong gas dan tuas ataupun pedal rem sering difungsikan. Biar enggak ada masalah dengan peranti ciet ini, baiknya kita servis.

“Jika peran rem tidak bermasalah, cukup perhatikan indikator keausan saja. Misalnya, batas level minyak rem jika pakai rem disk,” saran Kardi, owner Kardi Mulia Motor di Jl. WR Supratman, Kp. Utan, Ciputat, Tangerang.6263servis-rem-dvd-2.jpg

Apabila ketinggian minyak rem berkurang, baiknya ditambah. Tapi, perlu diperhatikan juga! Kalau turunnya minyak rem terlalu jauh dari batas indikator yang ada, maka bisa dipastikan kampas rem juga mengalami keausan dan kudu ganti.

"Jarang sekali minyak rem turun karena kebocoran. Tapi, biasanya karena kampas rem yang habis. Minyak rem ini terus turun seiring habisnya kampas mendekati cakram,” tambah pria ramah asal Cilacap, Jawa Tengah ini.

Sekalian juga lakukan penggantian kampas jika sudah aus. Untuk minyak rem sendiri, biasanya akan naik seiring dengan piston kaliper kembali ke posisi awal. Iya, ketika pakai kampas rem baru. Sedang untuk yang aplikasi model teromol, indikator biasa menggunakan model panah penunjuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar